Meskipun menarik untuk membaca tentang Pemerintah yang memberikan empat lisensi perbankan digital, saya bertanya-tanya prasyarat apa dalam hal layanan pelanggan yang bersyarat dalam pemberian lisensi tersebut (MAS memberikan empat lisensi bank digital, 5 Desember).
Setelah tinggal di Singapura sebagai penduduk tetap selama 28 tahun, saya menemukan layanan perbankan lokal di sini agak kuno dalam hal layanan pelanggan.
Baru-baru ini saya mengubah bank pribadi dan perusahaan saya dari CIMB menjadi United Overseas Bank, mencari solusi yang lebih berbasis web dan hemat biaya untuk kebutuhan saya.
Saya terkejut bisa membuka rekening perusahaan e-banking baru secara online tanpa perlu mengunjungi cabang bank.
Namun, satu minggu setelah membuka akun, saya belum menerima PIN dan token untuk mengoperasikan akun online – karena dikirim melalui pos – meskipun dana telah disetorkan.
Di era digital ini, bank perlu berpikir di luar kotak.
Tentunya fitur keamanan online banking tambahan dapat disampaikan secara pribadi kepada nasabah di cabang tertentu atau langsung ke alamat tertentu dalam waktu satu atau dua hari?
Sudah waktunya untuk meningkatkan standar layanan dan menjauh dari penyampaian layanan kuno.
Andrew Harris